Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menjaga Kesehatan Gigi AnakUntuk orang tua perlunya memperhatikan dan menjaga kesehatan dari anak anda khususnya kesehatan gigi, menjaga kesehatan gigi anak merupakan suatu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja, karena ada banyak dampak yang akan timbul jika seorang anak mempunyai gigi yang rusak dibiarkan begitu saja terlalu lama.Dampak yang ditimbulkan seperti perubahan bentuk mulut dan tatanan gigi pada saat anak sudah dewasa nanti.Memang seorang anak yang mempunyai gigi yang rusak tampak wajar saja tapi efek kedepannya yang tidak baik.Oleh karena itulah perlunya kita untuk mencegah hal yang dapat merusak gigi anak – anak kita agar selalu terjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

Cara yang bisa dilakukan untuk menjga kesehatan gigi anak adalah:

  1. Bersihkan gigi dan gusi anak anda bahkan sebelum gigi pertamanya tumbuh. Disini kita tidak hanya untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri, tetapi juga untuk membantu membiasakan anak kita untuk menyikat giginya di pagi dan malam hari
  2. Bersihkan gigi dan gusi anak anda dengan lembut pad pagi dan malam hari, anda bisa menggunakan handuk basah sebagai medianya atau juga bisa menggunakan sikat gigi untuk bayi yang memiliki bulu yang lembut.
  3. Dan yang terakhir hindari memberikan jus atau susu pada anak anda menjelang tidur, hal ini dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang karena bakteri yang dihasilkan makan tersebut didalam mulut. Alangkah baiknya tidak memberikan susu dalam botol, dan juga pada saat mau tidur sebaiknya susu diganti dengan air putih dimalam hari.

Dan juga kita perlu menjaga gigi susu walaupun nantinya akan tanggal dengan sendirinya, karena masalah dan penyakit pada gigi susu akan dapat berlanjut ketika gigi dewasa tumbuh. Anda harus mengetahui kenapa gigi susu itu perlu dijaga? Jawababnya adalah gigi susu memiliki pran yang sangat penting untuk mencerna makanan, gigi susu berguna untuk mengunyah, melumat makanan serta menggigit makanan. Dan gigi susu juga berguna untuksebagai pedoman tumbuhnya gigi baru atau gigi dewasa, karena jika gigi susu anak anda sudah lepas atau tanggal sebelum waktunya nanti berakibat kepada gigi dewasa yng tumbuh tidak beraturan dan semakin besar.

Gigi susu memiliki pengaruh terhadap perkembangan wajah dan otot rahang. Dan kalau anak sudah di usia 3 – 6 tahun perlu merawat gigi dengan cara, anak seusia ini sudah dapat menyikat gigi dengan sendirinya dan kita sebagi orang tua hanya mendampinginya, dan juga kita harus mengajarkan cara sikat gigi yang benar dan waktu yang tepat itu kapan.dan berilah sikat gigi yang berbulu halus yang sesuai dengan usianya.Dan berilah pasti gigi yang mengandung fluoride yang sesuai untuk anak serta tersedia dalam varian rasa yang disukai ank.Jadi kesehatan gigi anak sangat penting, perawatannya dimulai pada saat masih usia balita hingga dewasa.